Selasa, 25 Maret 2014

Analisa Web bukukita.com

             Setelah sebelumnya saya membahas tentang apa itu e-business dan e-commerce, sekarang saya akan membahas tentang salah satu e-commerce yang cukup terkenal dan banyak orang sudah mengetahui website tersebut, yaitu http://www.bukukita.com/.Berikut halaman awal web:

Halaman awal bukukita.com


Sejarah perusahaan

           Untuk sejarah, visi dan misi perusahaan bukukita.com dapat dilihat di tentang kami berikut ini adalah linknya http://www.bukukita.com/tentangkami.php.

Halaman Tentang Kami di bukukita.com

       Kami hadir melayani para pecinta buku Indonesia sejak 12 Juni 2006. BukuKita.com berawal dari sekumpulan orang berjiwa muda dan kreatif dengan latar belakang IT yang menggeluti dunia pendidikan dan ecommerce di Indonesia. Pada bulan Juni 2011, BukuKita.com telah beroperasi selama 5 tahun dan merupakan salah satu Toko Buku Online terlengkap dan paling ramai di Indonesia.
Pelanggan BukuKita.com telah mencapai 90.380 orang dan terus bertambah. Kami telah melayani puluhan ribu pelanggan dan mengirimkan buku keseluruh wilayah Indonesia.
         Berkat dukungan Anda dan para pelanggan, BukuKita.com telah diakui dan bekerjasama dengan Google.com Asia Pacific dan berbagai perusahaan besar lainnya. 


Visi dan Misi

"Misi yang sederhana; memberikan pelayanan terbaik bagi para pembaca, kami memiliki Visi ke depan; tidak hanya menjadi toko online terlengkap, namun sekaligus menjadi komunitas pencinta buku yang terbesar di Indonesia."


Kelebihan Web

Menurut saya kelebihan website ini adalah:

1.  Akses ke website ini cepat, sehingga pengunjung tidak menunggu lama untuk mengakses web tersebut. Untuk yang memiliki akses internet yang lambat, untuk mengakses web tersebut tidak akan lama.
2.      Web tersebut membagi buku berdasarkan kategori yang sesuai. Sehingga pengunjung tidak kesulitan untuk mencari buku-buku yang diinginkan.
3.      Buku yang disediakan cukup banyak.
4.      Memiliki database untuk buku dan data member.
5.      Memberikan undian berhadiah, dan banyak diskon menarik.
6.     Pengunjung , khususnya member dapat mengetahui dan mengecek status pembayaran dan pengiriman buku yang telah dibelinya.
7.      Bagi pengunjung yang ingin complain atau  bermasalah baik tentang barang yang tidak kunjung tiba, member yang bermasalah, dapat mengirimkan ke email masing-masing pihak yang terkait dari web tersebut yang akan dituju seperti Marketing, sales,finance,administrator.
8.      Kerjasama dengan pihak penerbit cukup banyak.
9.   Apabila pengunjung ingin membeli buku, pengunjung harus mendaftar menjadi member terlebih dahulu. Sehingga keamanan terjamin.
10.  Terdapat resensi dihampir semua buku, sehingga pengunjung dapat mengetahui  sekilas isi dari buku tersebut. Walaupun tidak seperti membeli buku ke toko buku konvensional.
11.  Selain melihat atau mencari buku berdasarkan kategori, pengunjung dapat mencari buku dengan mencarinya berdasarkan judul, pengarang maupun dan penerbitnya.
12.  Harga buku yang ditawarkan bersaing


Kekurangan Web

Kekurangan web ini, menurut saya adalah:
  1. Tampilan webnya kurang menarik
  2. Terdapat iklan yang tidak berkaitan dengan web tersebut.
  3. Tidak ada jumlah sisa stok yang tersedia pada saat pengunjung memilih beli. Sehingga pengunjung tidak mengetahui apakah buku yang akan dibeli tersebut masih tersedia atau tidak.

0 komentar:

Posting Komentar